Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah pitaya atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah naga telah sejak lama diperbincangkan oleh beberapa ahli kesehatan. Ada beberapa macam manfaat buah naga untuk kesehatan yang telah melalui proses penelitian secara akurat dan ilmiah. Buah naga sendiri pada awalnya berasal dari Meksiko dan beberapa daerah di Amerika Tengah dan Selatan. Namun berkat kandungan manfaat yang terdapat pada buah naga, kini buah tersebut telah dibudidayakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Menilik sejarah buah naga, pada mulanya buah ini adalah buah yang digunakan untuk tanaman hias. Dibawa oleh orang Prancis sekitar tahun 1800, buah naga menjelma menjadi buah yang sangat diminati oleh masyarakat karena dianggap sebagai pembawa berkah. Seiring perkembangan jaman, buah naga akhirnya kian banyak dibudidayakan oleh para petani  untuk dikonsumsi dan sebagai media pengobatan tradisional. Selain itu buah naga juga sangat baik untuk ibu hamil silahkan baca artikel manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Beberapa manfaat buah naga diantaranya befungsi mencegah berbagai macam penyakit degeneratif akibat kandungan serat vitamin dan mineral tinggi yang terdapat di dalamya. Buah naga juga mampu mengontrol emosi sesorang sehingga mereka yang rutin mengkonsumsi buah naga cenderung hidup lebih tenang dan damai. Serat buah naga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Pada saluran pencernaan, serat ini akan mengikat asam empedu dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Semakin sering seseorang mengkonsumsi buah naga, maka akan semakin banyak lemak dan asam empedu yang bisa dikeluarkan oleh tubuh. Selain mencegah kolesterol tinggi, serat pada buah naga ini juga bisa berguna membantu melancarkan sistem pencernaan. Serat pangan yang terkandung dapat memperpendek jarak waktu antara proses makanan dari rongga mulut hingga dikeluarkan menjadi fases. Hal ini dapat mengurangi resiko bermukimnya zat karsinogenik yang membahayakan tubuh.

Cara penggunaan buah naga untuk pengobatan juga terbilang sederhana. Buah yang telah matang dan segar cukup dibagi menjadi dua belah, lalu diambil bijinya menggunakan sendok. Biji Buah ini dapat langsung dimakan tanpa melalui proses yang rumit.  Itulah beberapa manfaat buah naga yang mungkin bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Di Indonesia sendiri buah naga sudah banyak dibudidayakan dan anda bisa mencarinya dengan mudah.

Kandungan Nutrisi Buah Naga:
Kalori
Jika Anda sedang mencari buah-buahan yang lezat dan mengenyangkan tetapi rendah kalori, buah naga adalah pilihan terbaik. Setiap 100g buah naga hanya memiliki 60 kalori : 18 kalori dari lemak tak jenuh, 8 kalori dari protein dan 34 kalori dari karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang dikandungnya adalah karbohidrat kompleks yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Lemak dan Kolesterol
Buah Naga tidak mengandung kolesterol, lemak jenuh maupun lemak trans, sehingga konsumsi secara teratur akan membantu mengatur tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Biji buah naga yang berwarna hitam mengandung asam lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6 ) yang dapat membantu menurunkan resiko gangguan kardiovaskular.

Serat
Kandungan serat pada buah ini juga cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara teratur dapat membantu menghindari sembelit, meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu Anda mengurangi berat badan berlebih.

Vitamin dan Mineral
Buah ini memiliki rasa agak asam pertanda mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Jadi,mengkonsumsi buah naga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah pernyakit.  Kadungan fosfor pada buah naga juga akan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Phytoalbumins
Buah naga mengandung phytoalbumins, yang merupakan senyawa antioksidan yang membantu mencegah pembentukan sel kanker.

Beberapa manfaat lain dari Buah Naga ialah:
  • Kandungan vitamin B3 di dalamnya berkhasiat mengurangi kadar kolesterol dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.
  • Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, jus buah naga merah sangat berguna untuk menurunkan berat badan secara alami.
  • Konsumsi dragon fruit secara teratur bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh karena kandungan serat yang tinggi.
  • Seperti halnya jus wortel yang kaya akan karoten, buah naga merah juga mengandung beta-karoten yang baik untuk kesehatan mata.
  • Adanya zat anti oksidan dalam dragon fruit berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit kanker.
  • Manfaat buah naga untuk kecantikan yaitu bisa digunakan sebagai masker wajah penghilang jerawat. Cukup oleskan jus yang sudah dibuat pada bagian muka yang berjerawat.
  • Dragon fruit kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta menyembuhkan luka memar.
  • Manfaat buah naga merah bagi kesehatan gigi dan tulang adalah memberikan asupan kalsium dan fosfor sehingga tetap terjaga kekuatannya.
  • Sedangkan untuk ibu hamil, khasiat buah naga berguna bagi proses pertumbuhan gigi anak sejak dalam kandungan ibu.
Nah Demikian Segudang Kandungan Khasiat Buah Naga.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll