Beberapa Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi

Beberapa Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi
Makanan yang kaya akan kandungan protein adalah makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan massa otot yang sehat. Sumber protein hewani yang memiliki kualitas tinggi dan bisa membantu anda memperoleh asupan asam amino dan nutrisi penting lainnya dapat anda peroleh pada daging hewan yang pada umumnya mempunyai kandungan protein cukup bagus jika dibandingkan dengan sumber protein dari tumbuh – tumbuhan yang memiliki kandungan lemak lebih kecil.

Berikut ini akan diberikan 5 jenis makanan yang kaya akan kandungan sumber protein tinggi, silakan disimak.

1. Daging

Daging dibutuhkan oleh tubuh dalam masa pertumbuhan karena kaya akan kandungan protein. Anda dapat memilih daging sapi atau daging kambing untuk memenuhi asupan protein sehari – hari anda.

Karena di dalam 100 gram daging sapi banyak mengandung 14 gram protein sedangkan dalam 100 gram daging kambing mengandung 27 gram kandungan protein dan zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium.

2. Ayam tanpa kulit

Daging ayam yang dipisahkan dari kulitnya kaya akan kandungan protein hewani, dalam 3 ons daging ayam tanpa kulit menyediakan 27 gram protein. Daging ayam kalkun juga merupakan sumber protein yang tepat untuk pertumbuhan tubuh.

Untuk penyajiannya, perhatikan teknik menggoreng untuk menghindarkan dari kandungan lemak secara berlebihan. Anda dapat mengolahnya menjadi sup dengan tambahan sayur – sayuran segar.

3. Telur

Protein dalam telur mempunyai kualitas sangat tinggi karena kandungan asam amino esensial yang terdapat di dalamnya sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Satu butir telur mengandung 6.3 gram protein hewani, 3.6 gram protein terdapat dalam putih telur dan 2.7 gram protein terkandung dalam kuning telurnya.

Untuk anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, sangat dianjurkan memilih putih telur saja karena bebas lemak dan bebas kolesterol. Sedangkan kuning telur banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sehingga mengkonsumsi kuning telur tidak boleh secara berlebihan. Meskipun demikian kuning telur banyak mengandung zat besi dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang.

4. Jamur

Makanan ini sangat populer di masyarakat Indonesia. Selain berasa lezat, jamur kaya akan kandungan protein yang sangat tinggi. Jamur mengandung zat mineral seperti besi, selenium, kalium, fosfor, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, dan seng.

Juga jamur rendah kalori sehingga bagus bagi anda yang sedang menurunkan berat badan. Anda bisa mengolahnya menjadi beberapa macam hidangan seperti sup jamur atau tumis jamur.

5. Ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang kaya akan kandungan protein tinggi. Dalam satu porsi ikan lele, banyak mengandung protein yaitu sekitar 15.6 gram protein yang mampu memenuhi kebutuhan asam amino untuk tubuh.

Nah, itulah  daftar makanan yang kaya akan kandungan protein dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Sumber protein ini juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk memastikan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

Selain protein, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi lainnya, jadi untuk mendapatkan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, anda harus selalu memperhatikan asupan nutrisi harian dalam menu makan sehari – hari anda. Variasikan selalu menu makanan anda demi memastikan tercukupinya asupan nutrisi untuk tubuh.

0 Response to "Beberapa Makanan Yang Mengandung Sumber Protein Tinggi"

Posting Komentar

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll